PERANAN INTERNAL CONTROL SISTEM (ICS) KSU RAHMAT KINARA TERHADAP PENGETAHUAN PETANI KOPI DI KAMPUNG RAMUNG ARA KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH



ABSTRAK

 
ICS merupakan penyuluh di KSU Rahmat Kinara yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan petani, keberadaan ICS diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan produktivitas petani Binaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan peranan ICS KSU Rahmat Kinara terhadap pengetahuan petani binaan. Metode pengumpulan data dengan metode survey metode analisis dengan menggunaka Rank Sperman.

Hasil analisis, nilai koefisien korelasi, tahu 0,463 hubungan positif dan tidak erat, memahami - 0,15 hubungan negatif dan tidak erat, aplikasi 0,398 hubungan positif dan tidak erat, analisis 0,217 hubungan positif dan tidak erat, sintesis -0,010 hubungan negatif dan tidak erat, evaluasi 0,567 hubungan positif dan cukup erat dan pengetahuan petani 1,000 hubungan positif dan sempurna. analisis korelasi Rank Sperman di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala. Hasil analisis dengan korelasi reank Spearman nilai Signifikansi lebih kecil dari α 5 % yaitu 0.05 Tahu (0,004), Aplikasi (0,015) dan Evaluasi (0,000) artinya terdapat peranan ICS terhadap pengetahuan petani, sedangkan nilai Signifikansi lebih besar  dari α 5 % yaitu 0.05  Memahami (0,153), analisis (0,197) dan sintesis (0,951) artinya tidak terdapat peranan ICS terhadap pengetahuan petani. Disarankan kepada petani agar mendengarkan arahan ICS dan kepada ICS agar meningkatkan pembinaanya.


Kata Kunci :Pengetahuan , Internal Control System, Petani Binaan, KSU, Rahmat Kinara


DAFTAR ISI
Halaman

KATA PENGANTAR ...............................................................................       i    
DAFTAR ISI ...............................................................................................       iii
DAFTAR TABEL ......................................................................................       v
DAFTAR GAMBAR .................................................................................       vi
DAFTAR LAMPIRAN..............................................................................       vii

I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang.....................................................................................       1
1.2    Identifikasi Masalah.............................................................................       3
1.3    Tujuan Penelitian..................................................................................       3
1.4    Kegunaan Penelitian.............................................................................       3

II TINJAUAN PUSTAKA
2.1     Tren Kopi ............................................................................................       5
2.2. Penelitian Terdahulu ............................................................................       5
2.3  Landasan Teori.....................................................................................       6
       2.3.1. Pengertian Peranan ....................................................................       6
       2.3.2. Internal Control Sisrem (ICS) ...................................................       7
.      2.3.3. Prinsip perberdayaan .................................................................       8
       2.3.4. Pengertian Pengetahuan ............................................................       10 
       2.3.5. Tingkat Pengetahuan .................................................................       11
       2.3.6. Faktor- Faktor yang mempengaruhi pengetahuan .....................       12
       2.3.7. Cara memperoleh Pengetahuan .................................................       13
       2,3.8. Golongan Petani ........................................................................       13
       2.3.8. Pentahapan dalam Proses Adopsi ..............................................       14
       2.3.8. Rank Sperman ...........................................................................       16
2.4. Kerangka Pemikiran  ...........................................................................       17
2.5. Hipotesis ..............................................................................................       19

III METODE PENELITIAN
3.1    Tempat dan Waktu Penelitian..............................................................       20
3.2    Runag Lingkup Penelitian....................................................................       20
3.3    Metode Penentuan Sempel ..................................................................       20
3.4    Jenis dan Sumber Data  .......................................................................       21
3.5    Metode analisis Data  ..........................................................................       22
3.6    Definisi dan Batasan Operasional .......................................................       24

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.Luas dan Letak Geografis  .....................................................................       26
4.2.Keadaan Iklim.........................................................................................       26
4.3.Keadaan Penduduk ................................................................................       26
4.3.1.    Keadaan Penduduk Berdasarkan Usia...........................................       26
4.3.2.    Keadaan Penduduk berdasarkan Jenis Kelamin ...........................       27
4.3.3.    Keadaan Penduduk berdasarkan Tingkat Pendidikan ..................       28
4.3.4.    Keadaan Penduduk berdasarkan mata Pencaharian ......................       28
4.4.Karakteristik Petani ................................................................................       29
4.5.Koperasi Serba Usaha Rahmat Kinara ....................................................       34
4.6.Pengetahuan Petani..................................................................................       36
4.6.1.    Tau .................................................................................................       36
4.6.2.    Memahami .....................................................................................       38
4.6.3.    Aplikasi .........................................................................................       39
4.6.4.    Analisis ..........................................................................................       41
4.6.5.    Sintesis ..........................................................................................       43
4.6.6.    Evaluasi .........................................................................................       45
4.7 Peranan ICS terhadap pengetahuan petani .............................................       47

V. KESIMPULAN DAN SARAN
5.1.Kesimpulan .............................................................................................       49
5.2.Saran .......................................................................................................       49

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................       50
LAMPIRAN ................................................................................................       51
        

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
            KSU Rahmat Kinara adalah organisasi koperasi yang berada di Kampung Simpang Kelaping Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah yang bergerak di bidang pertanian yaitu kopi. KSU Rahmat Kinara diserahi tugas pengelolaan aset-aset koperasi yang berupa unit produksi atau pengolahan kopi.
KSU Rahmat Kinara menjalin hubungan kemitraan dengan petani kopi yang terdapat di Kabupaten Aceh Tengah yang berupa pembelian kopi langsung ke petani yang telah bergabung dengan anggota KSU Rahmat Kinara. Selain itu KSU Rahmat Kinara juga menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga luar seperti NCBA, Koperasi Kredit Maju Bersama.
Internal Control System  adalah orang yang di tunjuk dari KSU Rahmat Kinara sebagai jembatan antara petani dan KSU Rahmat Kinara untuk menyampaikan informasi pada kedua belah pihak.serta  KSU Rahmat Kinara Mempunyai 3 orang Internal Control System yang masing-masing mempunyai unit kerja atau petani binaan KSU Rahmat Kinara yang di bina oleh Internal Control System, adapun  nama-nama dan wilayah binaan Internal Control System di antara nya. peranan ICS (Internal Control Sistem) adalah untuk perbaikan produksi dan meningkat kan pendapatan petani berupa masa pra panen maupun pasca panen. Perlu lebih di tingkatkan penyuluhan dan bimbingan kepada petani  produsen dalam menggunakan bibit, perawatan tanaman, melakukan panen dalam waktu yang tepat serta pengolahan hasil yang lebih baik sehingga menghasilkan kopi yang bermutu tinggi.

Tabel 1. Wilayah Kerja Internal Control Sistem (ICS) KSU Rahmat Kinara
                                                                                                                                   
No  Nama ICS                        Jumlah petani binaan      Jumlah Kampung Binaan


1  Amada, SP                                     194                                      3
2  Rudi Hartono, SP                           194                                      3
3  Dwi Kasanova, SP                         194                                      2
Sumber: KSU Rahmat Kinara (2016)
            Fungsi Internal Control Sistem (ICS) KSU Rahmat Kinara mencakup rencana organisasi dan seluruh metode koordinasi dan ukuran yang diadopsi dalam suatu usaha atau bisnis untuk melindungi aset-asetnya, memeriksa akurasi dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi kegiatan dan kepatuhan terhadap kebijakan yang telah ditetapkan Manajerial Di lapang atau di suatu unit usaha.
Peranan Sistem Pengawasan Internal  Control System, (ICS) di Kampung Ramung Ara merupakan sistem penjaminan mutu yang terdokumentasi, yang memperkenankan lembaga sertifikasi mendelegasikan inspeksi tahunan semua anggota kelompok secara individual kepada lembaga/unit dari operator yang telah disertifikasi. Dalam prakteknya, secara prinsip kelompok tani melakukan sendiri pengawasan bagi seluruh petani terhadap kesesuaian aturan produksi organis seperti prosedur yang telah ditentukan.
Kopi organik merupakan kopi yanh di produksi dengan menganut pada bahan pertanian yang berkelajutan). Dalam budidaya kopi organik aspek –aspek pelestarian sumber daya alam, keamanan Lingkungan dari senyawa–senyawa pencemar, keamanan hasil panen bagi kesehatan manusia setara nilai gizi nya   sangat di perhatikan.di samping itu dalam budidaya kopi organic aspek social ekonomi juga menjadi perhatian utama.jadi tidak seperti anggapan masyarakat selama ini bahwa kopi organik di dalam budidaya kopi tanpa pestisida, pupuk buatan, dan tanpa pemeliharaan sama sekali. Justru pada budidaya kopi organic jauh lebih banyak aspek yang harus diperhatikan dan Untuk itu KSU Rahmat Kinara membina petani binaannya denga di  peranan ICS (Internal Control Sistem) dibidang perbaikan  produksi petani di bidang budidaya hingga  masa prapanen maupun pasca panen. Perlu lebih di tingkatkan penyuluhan dan bimbingan kepada petani produsen dalam menggunakan produksi lahan, produksi modal, keahlian, melakukan panen dalam waktu yang tepat serta pengolahan hasil yang lebih baik sehingga menghasilkan kopi yang bermutu tinggi
1.2.Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah yang timbul dari latar belakang  adalah: Apakah terdapat peranan Internal Control Syistem terhadap pengetahuan petani kopi di kampung Ramung Ara Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah?.

1.3.Tujuan Penelitian
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah :“untuk mengetahui Peranan Internal Control System (ICS) KSU Rahmat Kinara Terhadap pengetahuan Petani Kopi binaan di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah”
1.4.Kegunaan Penelitian
1)      Sebagai referensi dan bacan bagi peneiti lebih lanjut yang berhubungan dengan koperasi Rahmat Kinara dan petani kopi serta bagi bahan bacaan bagi yang memerlukan untuk penelitian lebih lanjut.
2)      Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi, wawasan pemikiran, dan pengetahuan dalam bidang pertanian, khususnya petani kopi
3)      Sebagai pertimbangan dan evaluasi bagi petani dalam Peranan Internal Control Syistem (ICS) Rahmat Kinara terhadap pengetahuan petani kopi di Kampung Ramung Ara Kecamatan Slilih Nara Kabupaten Aceh Tengah
           
 
BAB II
 TINJAUAN PUSTAKA
2.1.Tren Kopi
Kopi  merupakan kopi yang di produksi dengan menganut pada bahan pertanian yang berkelajutan. dalam budidaya kopi organik aspek –aspek pelestarian sumber daya alam,keamanan Lingkungan dari senyawa –senyawa pencemar,keamanan hasil panen bagi kesehatan manusia  setara nilai gizi nya   sangat di perhatikan.di samping itu dalam budidaya kopi organic aspek social ekonomi juga menjadi perhatian utama.jadi tidak seperti anggapan masyarakat selama ini bahwa kopi organik di dalam budidaya kopi tanpa pestisida,pupuk buatan,dan tanpa pemeliharaan sama sekali.
"Sebelum tahun 2000 konsumsi kopi berupa kopi bubuk dicampur jagung. Disebutnya jitu. Itu dari bahasa Jawa artinya siji pitu, perbandingannya satu bagian kopi tujuh bagian jagung," dalam sebuah diskusi International Coffee Day di kawasan Sudirman, Jakarta. Produksi kopi yang dicampurkan dengan jagung dimaksudkan untuk menekan biaya produksi. Sebab, harga kopi kala itu masih cukup mahal, apalagi kopi arabika. Dulu juga tidak banyak terdapat kedai kopi seperti sekarang. Paling hanya warung kopi biasa yang menyajikan kopi kemasan. Di tahun 2000, kopi mulai mengalami perubahan. Produksi kopi tidak lagi dicampur dengan jagung. "Tahun 2000 kopi mengalami penurunan harga kopi sehingga sama dengan harga jagung,". Akibatnya banyak pabrik kopi yang mengubah komposisi kopi buatannya. Mereka mengurangi jagung dan bahkan tidak memakai jagung lagi. Lanjut Moelyono, mulai tahun 2010 tren kembali berubah. Ia mengatakan pada masa itu white coffee mulai populer. Demikian pula dengan speciality coffee, yaitu kopi dengan aroma dan rasa yang istimewa. Tren ini jugalah yang dinilai Moelyono membuat kopi di Indonesia meningkat produksinya. "Muncul juga kopi-kopi ready to drink dari Jepang. New independent cafe, restoran juga mulai banyak. Ini membuat masyarakat menyadari dan menghargai kopi,". Kesadaran masyarakat untuk minum kopi dan menghargai kopi terlihat dari banyaknya kedai kopi yang tidak pernah sepi pengunjung.Kondisi ini juga ditandai dengan meningkatnya produksi kopi per tahunnya sebesar 1-2 persen. Kendati tak signifikan, tapi kata Moelyono peningkatan produksi tersebut cukup baik
2.2.Penelitian Terdahulu
Penelitian yang di lakukan oleh Sundari (2005) dengan judul “Peranan Penyuluh Terhadap Peningkatan Produksi Usaha Tani Padi Di Kabupaten Pontianak”. Metode  analisis yang digunakan Metode Analisi Korelasi Kendala Tau untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variabel atau lebih iatu menjelaskan secara jelas hubungan antara petani dengan penyuluh dan adopsi dengan peningkatan produksi .dengan kesimpulan teknologi dan penyuluh berperan aktip dalam peningkatn produksi padi.Penelitian yang dilakukan oleh  dan Amelia Nani Seregar  (2003) dengan judul“Hubungan Antara Peran Penyuluh Dan Adopsi Teknologi A oleh Petani Terhadap Peningkatan Produksi Padi Di Kabupaten Tasikmalaya”metode yang di gunakan adalah Metode Uji Product Moment.sebagai kesimpulan secara silmatan peran penyuluh dam adapsi teknologi hanya memberikan kontribusi sebesar 16,6% terhadap peningkatan produksi padi.
Penelitian yang dilakukan oleh  M. Shawwal (2010) dengan judul “Peran Kontribusi Penyuluh Terhadap Peningkatan Dan Pendapatan Petani (Kasus Petani Padi) Di Kabupaten Luwu Utara” data yang digunakan  data primer yang di kumpulkan dari hasil wawancara (quessioner). Metode analisis  yang digunakan adalah analisis linear berganda ,dengan kesimpulan peran kontribusi penyuluh berpenggaruh nyata terhadap peningkatan dan pendapatan petani padi.

2.3.Landasan Teori
2.3.1.      Pengertian Peranan
Pengertian Peranan Adalah Peranan berasal dari kata peran, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pemain. Peran adalah orang yang menjadi atau melakukan sesuatu yang khas, atau “perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat”. Jika ditujukan pada hal yang bersifat kolektif di dalam masyarakat, seperti himpunan, gerombolan, atau organisasi, maka peranan berarti “perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh organisasi yang berkedudukan di dalam sebuah mayarakat”. Peranan (role) memiliki aspek dinamis dalam kedudukan (status) seseorang. Peranan lebih banyak menunjuk satu fungsi, penyesuaian diri dan sebagai suatu proses.(Anton Mulyono 1994:34)
Peranan  bersinonim dengan  ‘pengaruh’.  Dalam  Kamus  Besar Bahasa Indonesia, ‘pengaruh’ berarti “daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. Jika dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat kolektif di dalam masyarakat, maka pengaruh adalah “daya yang ada atau timbul dari organisasi yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan masyarakat.(Susanto 1997:4)

2.3.2.      Internal Control Sistem (ICS)
ICS (internal control system) jaminan mutu yang terdokumentasi yang memungkinkan lembaga sertifikasi eksternal mendelegasikan pekerjaan inspeksi / audit terhadap setiap anggota kelompok tani. Ini berarti bahwa lembaga sertifikasi cukup mengaudit fungsi-fungsi dalam ICS, dan hanya melakukan uji petik inspeksi terhadap beberapa anggota kelompok tani. semua (100%) lahan dari kelompok tani harus diinspeksi oleh inspektur internal dari ICS minimum sekali dalam setahun.(Work Shop, PT.Indo Cafco Mongal,2015).

Manfaat ICS
1.      Dimungkinkannya sertifikasi petani kecil,yaitu dengan menyederhanakan proses sertifikasi dan mengurangi biaya petani.
2.      Untuk tetap bisa menerapkan dan mempertahankan sistim jaminan mutu yang tinggi standar pertanian organik di tingkat petani. ( Work Shop, PT.Indo Cafco Mongal, 2015 ).
Fungsi ICS
a.       Mengawasi ICS trainer
1.      Menerima dan memeriksa laporan pelatihan untuk mengevaluasi mutu pelatihan berdasarkan materi dan mendokumentasikannya.
2.      Mengevaluasi proses program pelatihan. ( Work Shop, PT.Indo Cafco Mongal, 2015 ).
b.      Mengawasi ICS Inspektur Internal
1.      Menerima dan memeriksa laporan inspeksi internal dari ICS Inspektur Internal apakah sesuai dengan sertifikasi UTZ.
2.      Mengevaluasi laporan insppeksi internal untuk rencana tindakan perbaikan. ( Work Shop, PT.Indo Cafco Mongal, 2015 ).
c.       Kegiatan Umum
1.      Menentukan daftar petani berdasarkan hasil internal inspeksi.
2.      Membuat program kegiatan sesuai dengan sertifikasi UTZ. ( Work Shop, PT.Indo Cafco Mongal, 2015 ).
2.3.3.      Prinsip Pemberdayaan. 
Pemberdayaan mengupayakan bagaimana individu, kelompok, atau komunitas berusaha mengontrol kehidupan mereka sendiri dan mengusahakan untuk membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka. Inti utama pemberdayaan adalah tercapainya kemandirian (Payne, 1997: 23).  Pemberdayaan berarti mempersiapkan masyarakat desa untuk untuk memperkuat diri dan kelompok mereka dalam berbagai hal, mulai dari soal kelembagaan, kepemimpinan, sosial ekonomi, dan politik dengan menggunakan basis kebudayaan mereka sendiri.
Pada proses pemberdayaan, ada dua prinsip dasar yang harus dipedomani (Saptana, dkk , 2003) yaitu : 
a.       Menciptakan ruang atau peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan dirinya secara mandiri dan menurut cara yang dipilihnya sendiri. 
b.      Mengupayakan agar masyarakat memiliki kemampuan untuk memanfaatkan ruang atau peluang yang tercipta tersebut.  Kebijakan ini diterjemahkan misalnya di bidang ekonomi berupa peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap faktor-faktor produksi dan pasar, sedangkan di bidang sosial politik berupa tersedianya berbagai pilihan bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya.
 Pemberdayaan dan pengembangan kelembagaan di pedesaan , meliputi : 
a.       Pola pengembangan pertanian berdasarkan luas dan intensifikasi lahan, perluasan kesempatan kerja dan berusaha yang dapat memperluas penghasilan.
b.      Perbaikan dan penyempurnaan keterbatasan pelayanan sosial (pendidikan, gizi, kesehatan, dan lain-lain). 
c.       Program memperkuat prasarana kelembagaan dan keterampilan mengelola kebutuhan pedesaan.  Untuk keberhasilannya diperlukan kerjasama antara : administrasi lokal, pemerintah lokal, kelembagaan/organisasi yang beranggotakan masyarakat lokal, kerjasama usaha, pelayanan dan bisnis swasta (tiga pilar kelembagaan) yang dapat diintegrasikan ke dalam pasar baik lokal, regional dan global (Uphoff, 1992 : 78).


2.3.4.      Pengertian Pengetahuan
Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obejek tertentu. Penginderaan terjadi melalui pancaindra manusia, yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia di peroleh melalui mata dan telinga (Notoatmodjo, 2010).
Menurut Sunaryo (2004), pengetahuan adalah hasil dari tahu yang terjadi malalui proses sensorik khususnya mata dan telinga terhadap objek tertentu.
Azwar (2008), mengatakan pengetahuan adalah hasil pengindraan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indra yangdimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya). Dengan sendirinya pada waktu pengindraan sehingga mengahasilkan pengetahuan tersebut sangat dipengaruhi oleh intensitas perhatian dan persepsi terhadap objek. Sebagian besar pengetahuan seseorang diperoleh melalu indra pendengaran (telinga) dan indra penglihatan (mata). Penegtahuan seseoramg terhadap objek mempunyai intensitas atau tingkat yang berbeda-beda.
 
2.3.5.      Tingkat Pengetahuan
Menurut Bloom dalam Notoadmodjo (2010), pengetahuan yang dicakup dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkatan yakni:

1. Tahu (know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatua materi yang telah dipelajari sebelumnya, termasuk dalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (Recall) terhadap suatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang telah diterima.Oleh sebab itu, (tahu) ini adalah merupakan tingkat pengethuan yang paling rendah.
2. Memahami (Comprehension)
Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat menginterpretasikan materi tersebut secara benar.

3.                   Aplikasi (Aplication)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi riil (sebenarnya). Aplikasi disini dapat diartikan apliokasi atau menggunakan hokum-hukum, rumus, metode, prinsip, dan sebagainya dalam konteks atau situasi yang lain.

4. Analisis (Analysis)
Analisis dapat diartikan suatu kemampuan untuk menjabarkan materi atau objek ke dalam komponen-komponen, tetapi masih di dalam suatu struktur organisasi tersebut dan masih ada kaitannya satu sama lain.Dan pengetahuan seseorang itu sudah sampai pada tingkat analisis adalah apabila orang tersebut telah dapat membedakan atau memisahkan dan mengelompokan terhadap pengetahuan suatu obejek.

5 . Sintesis (Synthesis)
Sintesis ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasiatau menghubungkan bagian-bagian di dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain sintesis itu suatu kemampuan untuk menyusun formasi baru dari formasi-formasi yang ada. Misalnya dapat membuat atau meringkat dengan dengan kata-kata atau kalimat sendiri tentang hal-hal yang telah dibaca atau didengar dan dapat membuat kesimpulannya.

6. Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau objek penilaian-penilaian itu berdasarkan suatu kriteria yang ditentukan sendiri, atau menggunakan kriteria-kriteria yang telah ada.

2.3.6.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan
Menurut Notoadmodjo (2007), faktor yang mempengaruhi pengetahuan adalah sebagai berikut:
a.    Tingkat Pendidikan
Pendidikan adalah upaya untukmemberikan pengetahuansehingga terjadi perubahanperilaku positif yang meningkat.
b.    Informasi
Seseorang yang mempunyaisumber informasi yang lebihbanyak akan memberikanpengetahuan yang jelas.
c.    Budaya
Tingkah laku manusia atau kelompok dalam memenuhi kebutuhan yang memiliki sikap dan kepercayaan.
d.      Pengalaman
Sesuatu yang dialami seseorangakan menambah pengetahuan stentang sesuatu yang bersifatnon formal. Mubarak (2006), mengemukakan bahwa umursangat mempengaruhi ibu dalam memperoleh informasi yang lebih banyak dan secara langsung ataupun tidak langsung akan meningkatkan pengetahuan.Umur individu yang terhitung mulai saat dilahirkan sampai berulang tahun.
e.       Sosial Ekonomi
Tingkat kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 2.3.7.      Cara Memperoleh Pengetahuan
Menurut Notoatmodjo (2010), dari berbagai macam cara yang telah digunakan untuk memperoleh kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah, dapat dikelompokan menjadi dua yakni :
a.    Cara tradisional atau non ilmiah
Cara kuno atau tradisional ini dipakai orang untuk memperoleh kebenaran pengetahuan, sebelum ditemukan metode ilmiah atau metode  penemuan secara sistematis dan logis adalah cara non ilmiah, tanpa melalui penelitian.
b.    Cara ilmiah dalam memperoleh pengetahuan
Cara baru atau modern dalam memperoleh pengetahuan pada dewasa inilebih sistematis, logis, dan ilmiah. Cara ini disebut metode penelitian ilmiah, atau lebih populer disebut metodelogi penelitian (research methodology).
2.3.8.      Golongan Petani
a.         Golongan Inovator
Golongan petani inovator yang selalu merintis, mecoba dan menerapkan teknologi baru dalam pertanian menjadi terpenuhi kebutuhannya dan menjadi inovator dalam menerima para penyuluh pertanian, bahkan mengajak/ penganjurkan petani lainnya untuk ikut dalam penyuluhan.
b.         Penerapan Inovasi Teknologi Lebih Dini (Early adopter)
Sipat golongan early adopter adalah lebih terbuka dan lebih luwes, sehingga mereka dapat bergaul lebih rapat dengan petani pada umumnya, keberadaan dan pendidikannya pun cukup, suka mengungkap buku- buku pertanian dan rubrik-rubrik pertanian, surat kabar.
c.         Penerapan Inovasi Teknologi Awal (Early Mayority)
Sipat dari golongan eraly mayority ini merupakan sipat yang dimiliki kebayakan petani. Penerapan teknologi baru dapat dikatakan lebih lambat dari golongan early adopter tapi lebih mudah terpengaruh dalam hal teknologi yang telah meyakinkan dapat meningkatkan teknologi.
d.        Penerap Inovasi Teknologi Yang Lebih Akhir (Late Mayority)
Golongan petani ini adalah para petani yang pada umumnya kurang mampu, lahan pertanian yang di milikinya sangat sempit, rata-rata di bawah 0,5 hektar, oleh karena itu mereka selalu takut mengalami kegagalan.
e.         Penolak Inovasi Teknologi ( Laggard)
Golongan ini merupakan petani usia lanjut berumur 50 tahun keatas biasanya fanatik terhadap tradisi dan sulit di berikan pengertian-pengertian yang dapat mengubah cara berpikir cara kerja dan cara hidupnya.(Kartasaputra, 1994, 27).
2.3.9.      Pentahapan Dalam Proses Adopsi
a.         Mengetahui Dan Menyadari ( Awareness)
Setelah di lakukan penyuluhan dengan daya, gaya dan contoh-contoh yang menarik bagi para petani, pada tahap ini para petani baru mengetahui dan menyadari bahwa ada cara-cara: (1). Yang mereka lakukan kurang baik dan mengandung kekeliruan, (2). Yang baru dapat meningkatkan hasil usaha dan pendapatannya. (3) yang baru efektif yang dapat mengatasi kesulitan yang telah di hadapinya.
b.        Penaruhan Minat (Interisting)
Para petani yang telah tertarik dan sadar akan perlunya cara- cara teknologi yang baru yang berkaitan dengan usahataninya mulai menaruh minat terhadap cara-cara itu, karena sikapnya yang selalu hati-hati mereka masih perlu bertanya-tanya terutama pada para petani golongan early adopter yang telah menerapkanya.
c.         Penilaian (Evaluation)
Setelah petani itu mengetahui lebih banyak dan kebimbangannya mulai pudar sesudah mendengar sendiri penjelasan-penjelasan dari sesama petani yang tergolong petani early adopter, mulailah ia melakukan penilaian (Evaluation) terhadap teknologi baru.
d.        Melakukan Percobaan ( Trial)
Apabila keinginan untuk mencobanya telah timbul, penyuluh yang dapat mengukur kemampuan petani harus dapat memperlihatkan kebijaksanaan. Sambil melakukan bimbingan memperagakan apa yang telah disuluhkannya kemudian menuntun petani agar bisa memperaktekkan sendiri.
e.    Penerapan/ Adopsi (Doption)
Mudah dalam melakukan percobaan, mengerti akan kegunaanya dan yakin akan manfaat teknologi baru tersebut, sudah tentu para petani akan menerapkan terus teknologi baru itu dalam kegiatan-kegiatan usahataninya ( Kartasaputra 1994, 32).
2.4.Rank Spearman
            Metode analisis Rank Sperman di gunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel dimana dua variabel itu tidak mempunyai distribusi normal dan variansnya tidak sama. Korelasi Rank spearman digunakan  jika data yang di peroleh bukan interval atau rasio melainkan ordinal atau nominal.minsalnya mengukur tingkat moral,tingkat kesenangan,tingkat motivasi dan lain-lain (Supriana,2013) .
            Uji korelasi Rank Spearman sering juga disebut dengan ranking. Untuk menghitung koefisien korelasi Rank Spearman (rs) ,Dilakukan langkah-langkag sebagai berikut ( Supriana,2013).
a)      Meranking nilai pengamatan dari dua variabel yang akan kita ukur hubungnanya. Bila ada nilai pengamatan yang sama, dihitung  rangking rata-ratanya
b)      Menghitung perbedaan setiap pasangan ranking.
c)      Menghitung jumlah kuadrat perbedaan setiap pasang ranking
d)     Menghitung nilai rs dihitung dengan mengunakan rumus (Supriana):
Dimana :
rs   = nilai koefisien korelasi spearman
di   = perbedaan setiap pasangan ranking
n   = jumlah pengamatan
            untuk melihat nyata tidaknya hubungan antara variabel digunakan uji t dengan rumus:
            Hipotesis hipotes yang di ajukan adalah :
Ha : ps   =  0 (  ada hubungan antara rangking variabel yang satu dengan rangking   
                     dari variabel lainnya )
H0 : ps  0 ( tidak ada hubungan antara rangking variabel yang satu
                    Dengan rangking  dengan variabel lainnya (Supriana,2013) .
2.5.Kerangka Pemikiran  
KSU Rahmat Kinara berdiri pada 21 Okteber 2002  Dan Koperasi Rahmat Kinara menjalin hubungan kemitraan dengan petani kopi yang terdapat di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah yang  berupa pembelian kopi langsung ke petani yang telah bergabung dengan anggota KSU Rahmat Kinara. Selain itu KSU Rahmat Kinara juga menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga luar seperti NCBA, Koperasi Kredit Maju Bersama.
KSU Rahmat Kinara juga mempunyai Internal Control System  ( ICS) adalah orang yang di tunjuk dari KSU Rahmat Kinara sebagai jembatan antara petani dan KSU Rahmat Kinara untuk menyampaikan informasi pada kedua belah pihak. serta  KSU Rahmat Kinara Mempunyai 3 orang Internal Control System (ICS) yang masing-masing mempunyai unit kerja atau petani binaan KSU Rahmat Kinara yang di bina oleh Internal Control System (ICS) di antaranya  Petani kopi di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala dan dengan adanya Internal Control System (ICS) Diharapkan bisa memberi tau bagaimana budidaya kopi yang benar, bisa memahami dalam perawatan kopi, bisa mengaaplikasikan budidaya kopi ,bisa menganalisis hasil panen dan mengsintesiskan waktu pasca panen dengan adanya  Interal Control System (ICS) KSU Rahmat Kinara, dalam penelitian ini ingin di ketahui sejauh mana peran lembaga Internal Control Sistem (ICS) terhadap pengetahuan petani dalam pertanian kopi di Kampung Ramung Ara Kecamatan Rusip. Lebih lanjut untuk memperjelas uraian ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Gambar 1. Kerangka Pemikiran Penelitian
Peranan Internal Control System mengenai( pengendalian hama,penyakit,panen,pasca panen)

Pengetahuam petani :
1.Tau
2.Memahami
3.Aplikasi
4.Analisis
5.Sintesis
6.evaluasi

Pengetahuan Petani
KSU Rahmat Kinara
Terdapat hubungan  Ha: Ps=0 Dilihat dari Pengetahuam petani yang meliputi:
1.Tau
2.Memahami
3.Aplikasi
4.Analisis
5.Sintesis
6.evaluasi


Tidak Terdapat hubungan  H0: Ps 0 Dilihat dari Pengetahuam petani yang meliputi:
1.Tau
2.Memahami
3.Aplikasi
4.Analisis
5.Sintesis
6.evaluasi


 














2.6.Hipotesis
Berdasarkan uraian-uraian diatas maka hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat Peranan Internal Control System (ICS) dengan pengetahuan  petani kopi binaan KSU. Rahmat Kinara Kecamatan  Kabupaten Aceh Tengah
 




BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1. Luas dan Letak Geografis
            Kampung Ramung Ara Kecamatan Rusip Kabupaten Aceh Tengh terletak diketinggian antara 900 s/d 1200 meter dari permukaan laut (DPL), dengan jumlah penduduk sebanyak 10500 jiwa dan memiliki Luas Wilayah ± 254 km. Kampung Ramung Ara  Berbatasan Dengan :
Sebalah Timur berbatasan dengan                  : Kampung Pepalang
Sebelah Selatan berbatasan dengan                : Kampung Tanoh Depet
Sebelah Barat berbatasan dengan                   : Kampung Rusip Antara
Sebelah Utara berbatasan dengan                   : Kampung Roteh
4.2. Keadaan Iklim
Kampung Ramung Ara merupakan daerah yang memiliki musim trofis dengan curah hujan setiap tahun sekitar 1000 mm – 2500 mm dan hujan berkisar antara 143-178 hari. Temperature maximum berkisar antara 2000C – 3000C dan temperature minimum 180C – 260C. kelembapan maximum relatip 75,8% dan minimum 35%. Musim hujan biasanya pada bulan September sampai dengan Februari sedangkan musim kemarau pada bulan Meret sampai dengan bulan Agustus.
4.3. Keadaan Penduduk
4.3.1. Keadaan Penduduk Berdasarkan Usia
Sebaran usia penduduk di Kampung Ramung Ara mempunyai beberapa tingkatan. Keadaan tingkat usia tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 4. Keadaan jumlah penduduk di Kampung Ramung Ara               berdasarkan tingkat usia pada tahun 2016

No.
Golongan Umur
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
0-4
5-9
10-14
15-19
20-24
25-29
30-34
35-39
40-44
45-49
50-54
55-59
60-64
65-70
70 keatas
102
107
124
123
136
122
129
57
105
98
59
53
65
56
43
77
103
122
120
125
125
127
65
80
93
57
49
59
15
59
179
210
246
243
261
247
256
122
185
191
116
102
124
71
102

Jumlah Total
1369
1276
2645
       Sumber : Kantor Gecik Kampung Ramung Ara Tahun 2016

Berdasarkan data pada tabel 4 diatas dapat dilihat bahwa jumlah penduduk di kampung Ramung Ara adalah 2645 jiwa yang mayoritas berjenis kelamin perempuan.

4.3.2. Keadaan Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin
Keadaan penduduk di Kampung Ramung Ara berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 5 berikut.
Tabel 5. Keadaan jumlah penduduk di Kampung Ramung Ara                berdasarkan jenis kelamin pada tahun 2016


No.
Nama Kampung
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1.
Ramung Ara
1369
     1276
2645
Jumlah


2645









      Sumber : Kantor Gecik Kampung Ramung Ara Tahun 2016
Dari tabel 5 diatas dapat diketahui bahwa jumlah penduduk Kampung Ramung Ara dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 1369 jiwa dan jumlah penduduk yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 1276 jiwa, dengan jumlah total keseluruhan penduduk Kampung Ramung Ara berdasarkan jenis kelamin adalah sebanyak 2645  jiwa.

4.3.3. Keadaan Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan
        Keadaan penduduk di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala berdasarkan tingkat pendidikan dapat dilihat pada tabel 6 dibawah ini.
Tabel 6.Keadaan jumlah penduduk di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala berdasarkan tingkat pendidikan pada tahun 2016

  No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah
1.
2.
3.
4.
                           SD
 SMP
SMA
sarjana
1536
434
216
58

Jumlah
2645
         Sumber : Kantor Gecik Kampung Ramung Ara Tahun 2016


Dari tabel 6 diatas dapat dilihat bahwa penduduk di Kampung Ramung Ara yang menempuh pendidikan pada tahap Sekolah Dasar ada sebanyak 1536 jiwa, dan yang menempuh pendidikan SMP sebanyak 434 jiwa. Sedangkan pada tingkat pendidikan SMA sebanyak 216 jiwa dan pada tingkat Perguruan Tinggi terdapat 58 jiwa. Jadi, jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan adalah 2645  jiwa.

4.3.4. Keadaan Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian
Keadaan penduduk di Kampung Ramung Ara berdasarkan mata pencaharian dapat dilihat pada tabel 7 berikut.

Tabel 7. Keadaan jumlah penduduk di Kampung Ramung Ara berdasarkan mata pencaharian pada tahun 2016

No.
Mata Pencaharian
Jumlah Jiwa
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Petani
Pedagang
Peternak
Pertukangan
Sopir
Pekerjaan Bengkel
Pengrajin/Industri Rumah Tangga
Wiraswasta
PNS/TNI/POLRI
137
73
47
4
2
2
460
36
46

     Jumlah
843
         Sumber : Kantor Gecik Kampung Ramung Ara Tahun 2016
Berdasarkan tabel 7 diatas jumlah penduduk berdasarkan mata pencaharian adalah 843 jiwa, dengan mata pencaharian yang berasal dari petani sebanyak 137, mata pencaharian dari pedagang 73, penduduk dengan mata pencaharian peternak sebanyak 47 jiwa. Di bidang pertukangan dengan jumlah penduduk sebanyak 4 jiwa. Mata pencaharian sebagai sopir sebanyak 2 jiwa. Dibidang perbengkelan dengan penduduk 2 jiwa. Dibidang pengrajin/industri rumah tangga sebanyak 3 jiwa. Dibidang wiraswasta sebanyak 36 jiwa, dan dibidang jasa kemasyarakatan sebanyak 46 jiwa.

4.4. Karakteristik Petani Binaan
Karakteristik petani sampel dalam penelitian ini adalah umur, pendidikan, besar tanggungan dalam keluarga dan luas lahan usahatani kopi. Keberhasilan usahatani sangat tergantung kepada petani itu sendiri dalam mengelolanya. Selain itu faktor pendidikan juga mempunyai peranan penting, sedangkan umur petani merupakan suatu kemampuan untuk bekerja. Untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan responden yang diteliti, maka perlu dikemukakan secara umum karakteristik usahatani padi di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala  Kabupaten Aceh Tengah dapat di lihat pada tabel 8 berikut ini
Tabel 8. Karakteristik petani Kopi di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah tahun 2016
No
Uraian
Frekuensi
Persentase (%)
1.        
Tingkat Pendidikan
SD
SMP
SMA
Sarjana

12
14
10
1

37,5
43,75
15,63
3,13

Jumlah
37
100
2.        
Umur (Tahun)
21-29
30-39
40-49
>50

6
15
8
8

3,125
46,88
25
25

Jumlah
37
100
3.        
Jumlah tanggungan
1-2
3-4
5-6

16
14
7

34,38
43,75
21,88

Jumlah
37
100
4.        
Luas lahan
0,1875
0,2500
0,3125
0,3750
0,4370
0,5

11
4
7
7
5
3

18,75
12,5
21,88
21,88
15,63
9,38

Jumlah
37
100
Sumber : Data Primer Diolah Tahun 2017

4.4.1 Tingkat Usia
Tingkat usia merupakan perbandingan umur seseorang khususnya pengelola usahatani tersebut, perbandingan usia petani sangat berperan pada luas lahan garapannya, semakin tua umur petani atahu usia petani maka semakin sedikit pula luas lahan yang mampu digarapnya.
Dari tabel 8 dapat dilihat bahwa tingkat usia petani kopi selurunya berada pada usia produktif yaitu 30-39 tahun dengan jumlah 100% dengan usia produktif tersebut petani sampel akan lebih mudah dibina oleh ICS. Golongan usia rendah adalah golongan belum produktif yaitu 21-29 tahun, golongan produktif yaitu umur 15-64 dan golongan tidak lagi produktif pada umur diatas >50 tahun (BPS 2012)
Usia petani binaan sangat menentukan dalam menerima adopsi teknologi baru dimana para petani berada Umur produktif sehingga ICS dalam mengarahkan untuk meningkatkan pengetahuan petanian dalah usia individu yang terhitung mulai saat dilahirkan sampai saat beberapa tahun. Semakin cukup umur tingkat kematangan dan kekuatan seseorang akan lebih matang dalam berfikir dan bekerja dari segi kepercayaan masyarakat yang lebih dewasa akan lebih percaya dari pada orang belum cukup tinggi kedewasaannya. Hal ini sebagai akibat dari pengalaman jiwa (Nursalam, 2001.
4.4.2. Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan sampel yang dimaksud dalam penelitan ini diukur berdasarkan tingkat pendidikan formal yang pernah diikuti. Katagori tingkat pendidikan dibagi atas tiga yaitu SD, SMP dan SMA.
Dari tabel 8 dapat dilihat bahwa 3,13 berpendidikan Sarjana,  15,63 % adalah petani yang sudah berpendidikan SMA, 43,75 % berpendidikan SMP dan 37,5 % pendidikan SD,  hal ini berarti petani sampel hampir semua sampel sudah mempunyai pendidikan yang relatif sedang sehingga tidak lagi petani berada pada pendidikan dasar, dan mudah dalam memahami binnan dari ICS. Dalam pengarahan yang dilakuakn ICS tidak lagi sulit hal ini karena para petani akan lebih mudah dalam memahami pengarahan ICS  hal ini sesuai dengan pendapat IB Marta (1997), makin tinggi pendidikan seseorang makin mudah orang tersebut untuk menerima informasi. Pendidikan petani yang sudah SMP dianggap tidak lagi tergolong pendidikan rendah.
4.4.3. Pengalaman Berusahatani
Pengalaman bertani akan berperan pada tingkat keterampilan petani dalam mengelola usahataninya, pada prinsipnya usahatani kopi memerlukan pengalaman khusus dalam usahatani tersebut pada bagian bagian tertentu sehingga perlu pengarahan dan pembinaan yang intensif sehingga produksi dan produktivitas kopi dapat meningkat. Sebagian pekerjaan hanya dengan melihat petani lain secara otomatis langsung bisa hal ini karena proses pengerjaan usahatani kopi lumayan sulit.
4.4.4  Jumlah Tanggungan
Dalam usahatani tersebut perlu diketahui berapa banyak tanggungan petani karena tanggungan petani masih dalam masa pendidikan sehingga ntidak ikut dalam membantu petani. Jumlah tanggungan yang berumur produktif dan bila tidak sekolah maka akan berfungsi dalam membantu keluarga tani sedangkan keluarga tani yang sedang sekolah maka akan menjadi motivasi bagi petani dalam melakukan usahatani untuk lebih giat hal ini karena tuntutan ekonomi keluarga yang harus terpenuhi.
Jumlah tanggungan petani dapat dilihat pada tebel 8 bahwa jumlah tanggungan anggota kelompok tani berjumlah 1-2 orang dengan jumlah 34,38 % kemudian jumlah tanggungan 3-4 orang 43,75 % sedangkan jumlah tanggungan 5-6 mencapai 21,88 %. hal ini menunjukkan bahwa sampel penelitian memiliki tanggungan yang relatif sedang dan belum bisa dijadikan sebagai tambahan tenaga kerja keluarga tani dan anggota keluarga tersebut masih sekolah sehingga ini dijadikan sebagai motivasi bagi petani dalam melakukan usahataninya. Sementara ubtuk proses pekerjaan usahatani kopi ada beberapa pekerjaan belaku sistem arisan tenaga kerja sementara ada beberapa pekerjaan lainnya sistem upah yang berlaku pada daerah penelitian hal ini karena tidak berperannya anggota keluarga dalam kegiatan usahatani.
4.4.5. Luas Lahan
Luas lahan merupakan ukuran bagi petani dalam mendapatkan hasil panen nantinya sehingga semakin luas lahan dengan sistem usahatani yang benar maka produksi akan lebih tinggi.
Dari tebel 8 dapat dijelaskan bahwa luas lahan didaerah penelitian yaitu tingkat luas lahan petani 0,5 Ha sebanyak 6 petani dengan jumlah persentase 18,5%. Luas lahan petani 0,437 Ha sebanyak 4 petani dengan jumlah persentase 12,5%. Luas lahan petani 0,375 Ha sebanyak 7 petani dengan jumlah persentase 21,88%. Luas lahan 0,3125 Ha sebanyak 7 petani dengan persentase 21,88%. Luas lahan 0,25 Ha sebanyak 5 petani dengan persentase 15,63%. Dan luas lahan 0,1875 Ha sebayak 3 petani dengan persentase 9,38%. Artinya luas lahan  yang  digarap petani termasuk katagori yang sedang yang menunjukkan pendapatan petani masih tidak terlalu rendah.
Sesuai dengan pendapat Hernanto (1993) menyebutkan, luas lahan  usahatani  menentukan  pendapatan,  taraf  hidup  dan  derajat  kesejahteraan rumah tangga petani. Luas penguasaan lahan akan berpengaruh terhadap adopsi inovasi, karena semakin luas lahan usahatani maka akan semakin tinggi hasil produksi sehingga turut meningkatkan pendapatan petani.

4.5. Koperasi Serba Usaha Rahmat Kinara
KSU Rahmat Kinara yang merupakan salah satu badan usaha koperasi yang didirikan dibawah Akte Notaris, pada tanggal 05 Maret 2007 dengan nomorbadan hukum: 62.01/09/BH/III/2007 yang berkantor di jalan Takengon – Isaq KM 6,5 Kampung Simpang Kelaping, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi. Aceh. Kegiatan operasional utama KSU Rahmat Kinara bergerak pada bidang perkebunan kopi, dari mulai proses produksi sampai penjualan. di samping itu KSU. Rahmat Kinara juga menyediakan jasa loket pembayaran listrik untuk masyarakat. yang eksis mengembangkan budidaya kopi arabika dan usaha produksi kopi Arabica di kabupaten Aceh Tengah. KSU Rahmat Kinara telah mendapat Kepercayaan dari badan sertifikasi Internasioanal yaitu sertifikat Organic Control Union (CUC) yang berkedudukan di Belanda dengan nomor registrasi 818584, Rainforest Alliance (RFA) yang berkedudukan di Costa Rica AmerikaTengah dengan nomor regisrtasi SFC-C-06696 dan pada Desember 2014 KSU. Rahmat Kinara mendapat sertifikat international Fair Trade yang berkedudukan di Jerman dengan FLO-ID31376. Pada Maret 2015 KSU. Rahmat Kinara mendapatkan pengakuan sebagai Eksportir Kopi Sementara (EKS) dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.KSU Rahmat Kinara merupakan salah satu koperasi yang menjalankan usahanya dalam bidang perdagangan kopi, dalam hal ini banyak pihak yang terlibat baik itu eksportir maupun KSU Rahmat Kinara.
Pada dasarnya KSU Rahmat Kinara pertama kali menjalankan usahanya yaitu terlebih dahulu bekerja sama dengan PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri yang beralamat di kota Medan semenjak 05 maret 2007 sampai dengan 2010, setelah kerja sama berjalan beberapa tahun KSU Rahmat Kinara berinisiatif untuk memiliki sertifikasi sendiri keputusan ini tentunya hubungan kerja sama antara KSU Rahmat Kinara dengan PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri akan berakhir dengan kesepakatan baik-baik.
Dengan berakhirnya kerja sama ini tentunya KSU Rahmat Kinara memerlukan modal awal untuk memulai sertifikasi sendiri, oleh karena itu pengurus KSU Rahmat Kinara Bapak Birman memakai modal sendiri untuk membiayai proses awal sertifikasi dalam hal biaya audit, pengajian karyawan  dan saat ini KSU Rahmat Kinara berkerja sama dengan CV. Harapan Bersama, PT. Maskawi Wijyo, PT. Mulya Kawi PT. Olam, PT. Gayo Mountain Cofee dan adapun mekanisme penentuan harga pembelian kopi  adalah dengan menyetujui harga kontrak yang telah di sepakati sebelumnya.
Keterangan dari struktur diatas adalah sebagai berikut :
1.    Pengawas untuk mengawasi pelaksanaan keputusan Rapat Anggota yang
khususnya menyangkut organisasi, kelembagaan, pendidikan, serta penyuluhan.
2.    Manajer mengelola, mengendalikan, mengatur serta mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai tujuannya
3.    Unit sertifikasi dimana pihak ketiga memberikan jaminan tertulis bahwa suatu produk, proses atas jasa yang telah memenuhi standar tertentu
4.    Unit produksi yaitu menyediakan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkan hasil produksi tersebut,
5.    Unit perdagangan melakukan transaksi jual beli keluar negeri,
6.    Unit keuangan dan premium yang menandatangani administrasi dan keuangan menyusun dan melaporkan keuangan.
7.    Koordinator ICS untuk memberi pengarahan dan penyuluhan kepada petani binaan
8.    Komite Lingkungan membuat perencanaan program dan mengawasi pengunaan premium yang akan di gunakan dalam terkait lingkungan.
4.6. Pengetahuan Petani
4.6.1. Tahu
Tahu dalam pengetahuan petani di Kampung Ramung Ara Kecamatan Celala Kabupaten Aceh tengah yaitu mengukur kemampuan petani anggota dalam mengingat kembali materi yang telah di sampaikan oleh Internal Control Sistem (ICS)  baik secara spesifik aTahupun secara keseluruhan. Materi yang di sampaikan meliputi pengendalian hama, penyakit, panen, pasca panen. Pengetahuan petani yang diukur dari kajian Tahu dapat dilihat pada gambar 3





Gambar 3. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat  Kinara Kajian Tahu

Sumber: Data Primer Diolah Tahun 2017
Gambar 3 dapat dilihat bahwa petani mampu mengingat kembali apa yang telah di sampaikan oleh ICS, dari beberapa materi yang di sampaikan oleh penyuluh 67,58, mampu diingat kembali materi yang disampaikan, sementara 29,72 % kurang mengingat, untuk yang tidak mengingat hanya 0,27 %  . Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 9.
Tabel 9. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari               kajian Tahu
No
Variabel
Correlation Coefficient
Sig (1 Tailed
N








1
Tahu
0.463
0.004
37







Sumber: Data Primer Diolah Tahun 2017













Tabel 9 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin Tahu adalah 0.463, nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,004, nilai yang diperoleh lebih kecil dari α 5 % yaitu 0.05 dengan kretia ini dapat di sumpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak artinya terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara. nilai koefisien korelasi yaitu 0,463 artinya hubungan ICS positif dan tidak erat dengan pengetahuan petani kopi Binaan
Kajian Tahu pada anggota Binaan Rahmat Kinara berhubungan di sebabkan karena setelah di jelaskan oleh ICS selanjutnya langsung di lakukan kelapangan sesuai dengan teori yang di sampaikan oleh ICS, sehingga petani sangat mudah dalam mengingat materi yang sudah di sampaikan ke petani, hal ini karena langsung di lakukan ke lapangan.

4.6.2.       Memahami
Mengingat dalam pengetahuan petani anggota Binaan Koperasi Rahmat Kinara diharapkan para petani mampu menjelaskan secara benar tentang pengendalian hama, penyakit, panen dan pasca panen. ICS Rahmat Kinara memberikan arahan yang secara terkoordinir sehingga petani diharapkan dapat memahami apa yang di sampingkan oleh ICS tersebut. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar 4.
Gambar 4. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat Kinara Kajian Memahami
Sumber: Data Primer Diolah Tahun 2017
Gambar 4 dapat dilihat bahwa petani mampu menjelaskan kembali secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat menginterprestasikan materi secara benar dari materi yang di sampaikan oleh penyuluh 74,3 %, mampu diingat kembali materi yang disampaikan, sementara 24,3 % kurang mengingat, untuk yang tidak mengingat hanya 1,38 %  . Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 10.
Tabel 10. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari kajian Memahami

No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Memahami
-0,15
0,375


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017

Tabel 10 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin memahami adalah 0.15, nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,375, nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ho di terima dan Ha di tolak artinya tidak terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara dari kajian memahami. Nilai koefisien  korelasi yaitu -0,15 artinya hubungan negatif dan tidak erat antara Peranan ICS terhadap pengetahuan petani binaan di Rahmat Kinara.
Menurut petani ICS dalam memberikan arahan mengenai materi yang di sampaikan hanya pada waktu tertentu saja disaat melakukan kunjungan kelapanagan dan tidak bertujuan untuk memberikan arahan supaya petani tersebut dapat memahami , sementara bila ini dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang maka petani akan mampu memahami materi yang disampaikan.
4.6.3.      Aplikasi
Aplikasi merupakan mengukur kemampuan petani dari menggunakan materi yang telah di pelajari pada saat situasi atau kondisi yang ril. Untuk kajian aplikasi akan di ukur kegiatan di lapangan dimana setelah materi yang di sampaikan ke petani selanjutnya petani akan dilihat sejauh mana melakukan di lapangan. Untuk nilai aplikasi dapat dilihat pada gambar 5.
Gambar 5. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat Kinara Kajian Aplikasi
Sumber: Data Primer Diolah Tahun 2017
Gambar 5 dapat dilihat bahwa petani mampu untuk menggunakan materi yang telah di pelajari pada situasi yang ril  oleh ICS. Petani yang mampu 76,35 %, sementara petani yang kurang mampu sebanyak 22,29, dan petani yang tidak mampu mengaplkasikan teori yang diterima  1,35 %  . Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 12.
 Tabel 12. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari kajian Aplikasi

No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Aplikasi
0,398
0,015


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017

Tabel 12 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin aplikasi  adalah 0.398 artinya hubungan positf dan tidak erat antara ICS dengan pengetahuan petani kopi binaan KSU Rahmat Kinara nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,015, nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak artinya terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara dari kajian aplikasi.
Pada saat penelitian melakukan wawancara terhadap petani binaan Rahmat Kinara petani melakukan hal ini karena kebun petani berada di belakang rumahnya jadi kegiatan yang di lakukan langsung kekebun tersebut sehingga pemeliharaan mengenai kopi ini di terapkan oleh petani
4.6.4 Analisis
Pengetahuan petani dari indikator analisis, petani diharapkan dapat menjabarkan materi aTahu objek kedalam komponen- komponen yang masih berkaitan, secara sederhana petani diharapkan dapat mengaiktakan materi aTahu kegiatan-kegiatan yang di lakukan terhadap petani serta mampu mengambil intisari dari kegiatan tersebut yang lebih lanjut mampu menelaah fungsi kegiatan tersebut fungsinya dan keterkaitan dari fungsi tersebut, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar 6




Gambar 6. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat Kinara Kajian Analisis

Sumber: Data Primer diolah Tahun 2017
Gambar 6 dapat dilihat bahwa kemampuan petani untuk menjabarkan materi atau objek kedalam komponen komponen yang berkaitan hasil pengarahan  oleh ICS,  Petani yang mampu 2,08%, sementara petani yang kurang mampu sebanyak 87,5 %, dan petani yang tidak mampu mengaplkasikan mengaitan ke hal hal yang masih berkaitan sebanyak   10,41 %  . Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 13.
Tabel 13. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari kajian Analisis
No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Analisis
0,217
0,197


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017

Tabel 13 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin analisis adalah 0.217, artinya terdapat hubungan positif dan tidak erat antara ICS dengan pengetahuan petani kopi binaan Rahmat Kinara. nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,197 nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ho di terima dan Ha di tolak artinya tidak terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara dari kajian analisis
Petani di Kampung Ramung Ara petani binaan KSU. Rahmat Kinara Golongan ini merupakan petani usia lanjut berumur 50 tahun keatas biasanya fanatik terhadap tradisi dan sulit di berikan pengertian-pengertian yang dapat mengubah cara berpikir cara kerja dan cara hidupnya dan kurang bergaul dan tergolong ke petani penolak teknologi hal ini karena takut gagal.
4.6.5 Sintesis
Sintesis merupakan kemampuan petani dalam menghubungkan bagian-bagian didalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Jadi diharapkan petani dari pengarahan ICS mampu menghasilakan kajian baru yang dapat menghasilkan kajian baru yang bermanfaat terhadap usahatani tersebut hasil perhitungan sintesis dapat dilihat pada gambar 7.
Gambar 7. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat Kinara Kajian Sintesis

           Sumber: Data Primer Diolah Tahun 2017.
Gambar 7 dapat dilihat bahwa kemampuan petani untuk menghubungkan bagian- bagian di dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru  hasil pengarahan  oleh ICS, Petani yang mampu 0 %, sementara petani yang kurang mampu sebanyak 10,81 %, dan petani yang tidak mampu mengaplkasikan mengaitan ke hal hal yang masih berkaitan sebanyak   89,19 %. Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 14.
Tabel 14. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari                     kajian Sintesis
No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Sintesis
-0,010
0,951


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017

Tabel 14 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin sintesis adalah 0.010, artinya terdapat hubungan negatif dan hubungan yang tidak erat antara ICS dengan tingkat pengetahuan petani kopi binaan rahmat kinara.  Nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,951 nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ho di terima dan Ha di tolak artinya tidak terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara dari kajian sintesis.
Penggolangan petani di Kampung Ramung Ara tergolong pada Golongan ini merupakan petani usia lanjut berumur 50 tahun keatas biasanya fanatik terhadap tradisi dan sulit di berikan pengertian-pengertian yang dapat mengubah cara berpikir cara kerja dan cara hidupnya. Kemudian dari segi penerapan teknologi  Para petani yang telah tertarik dan sadar akan perlunya cara- cara teknologi yang baru yang berkaitan dengan usahataninya mulai menaruh minat terhadap cara-cara itu, karena sikapnya yang selalu hati-hati mereka masih perlu bertanya-tanya terutama pada para petani golongan early adopter yang telah menerapkanya.

4.6.6 Evaluasi
Evaluasi merupakan kemampuan petani dalam memberikan penilaian terhadap suatu materi atau objek dari suatu kterteria yang di tentukan sendiri. Setelah petani di berikan penyuluhan oleh ICS salanjutnya petani diharapkan dapat memberikan penilaian dari materi yang telah di sampaikan dan bisa jadi mampu memberikan penilaian terhadap ICS itu sendiri dalam memberikan pengarahan penilaian evaluasi dapat dilihat pada gambar 8 dibawah ini.
Gambar 8. Tingkat pengetahuan Kampung Ramung Ara Binaan Rahmat Kinara Kajian Evaluasi

           Sumber: data Primer diolah Tahun 2017
Gambar 8 dapat dilihat bahwa kemampuan penilaian terhadap suatu materi atau objek dari suatu kriteria yang petani sendiri yang menentukan kriterianya  oleh ICS,  Petani yang mampu 70,27 %, sementara petani yang kurang mampu sebanyak 28,37 %, dan petani yang tidak mampu mengaplkasikan mengaitan ke hal hal yang masih berkaitan sebanyak  1,35 %  . Hasil analisis dengan korelasi Rank Sperman dapat dilihat pada tabel 15.

Tabel 15. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani dari                     kajian evaluasi

No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Evaluasi
0,567
0,000


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017


Tabel 15 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin sintesis adalah 0.567, artinya terdapat hubungan positif dan hubungan cukup erat antara ICS dengan tingkat pengetahuan petani kopi binaan Rahmat Kinara. Nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ho di ditolak  dan Ha di diterima artinya terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara dari kajian evaluasi.
Petani kalau diberikan untuk mengevaluasi maka Setelah petani itu mengetahui lebih banyak dan kebimbangannya mulai pudar sesudah mendengar sendiri penjelasan-penjelasan dari sesama petani yang tergolong petani early adopter, mulailah ia melakukan penilaian (Evaluation) terhadap teknologi baru. Setelah di lakukan penyuluhan dengan daya, gaya dan contoh-contoh yang menarik bagi para petani, pada tahap ini para petani baru mengetahui dan menyadari bahwa ada cara-cara: (1). Yang mereka lakukan kurang baik dan mengandung kekeliruan, (2). Yang baru dapat meningkatkan hasil usaha dan pendapatannya. (3) yang baru efektif yang dapat mengatasi kesulitan yang telah di hadapinya.
4.7. Peranan ICS terhadap Pengetahuan Petani
                        Pengetahuan petani yang diukur dari Tahu, memahami, aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi dari total yang di peroleh nilai untuk pengetahuan petani setelah disimpulkan dapat dilihat pada gambar.
Gambar 8. Peranan ICS terhadap pengetahuan Kampung Ramung Ara                 Binaan Rahmat  Kinara

                        Sumber: data Primer diolah Tahun 2017
Hasil perhitungan dengan perentangan dapat disimpulkan bahwa peranan ICS terhadap pengetahuan petani tidak erat dengan nilai 100 % sementara erat dan tidak erat 0 % hasil analisis dengan menggunakan uji korelasi reank sperman dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 16. Analisis dengan Rank Spearman Pengetahuan petani
No
Variabel
Perason Corelation
Sig. (2 Tailed)


1
Pengetahuan Petani
1,000
0,000


Sumber: Data  Primer Diolah Tahun 2017

Tabel 16 dapat dilihat bahwa koefisen korelasi Rank Spearman pada poin sintesis adalah 1,000, artinya terdapat hubungan ICS yang positif dan sempurna antara ICS dengan pengetahuan petani kopi  binaan KSU. Rahmat Kinara. Nilai Signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 nilai yang diperoleh lebih besar dari α 5 % yaitu 0.05 dengan nilai ini dapat di sumpulkan bahwa Ho di ditolak  dan Ha di diterima artinya terdapat hubungan ICS  terhadap tingkat pengetahuan petani Binaan Koperasi Rahmat Kinara
Pada umumnya pengetahuan petani meningkat setelah diarahkan oleh ICS sementara bila dilihat dari permasing masing indikator ada yang tidak berhubungan dengan pengetahuan. Tercapainya peningkatan pengetahuan petani ini karena petani memang usaha utamanya adalah kebun kopi, disamping itu kebun kopi ini ditanami di belakang rumahnya sehingga perlakuakn petani lebih intensif.




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1.       Kesimpulan
1.      Hasil analisis, nilai koefisien korelasi, tahu 0,463 hubungan positif dan tidak erat, memahami - 0,15 hubungan negatif dan tidak erat, aplikasi 0,398 hubungan positif dan tidak erat, analisis 0,217 hubungan positif dan tidak erat, sintesis -0,010 hubungan negatif dan tidak erat, evaluasi 0,567 hubungan positif dan cukup erat dan pengetahuan petani 1,000 hubungan positif dan sempurna.
2.      Hasil analisis dengan korelasi reank Spearman nilai Sig lebih kecil dari α 5 % yaitu 0.05 Tahu (0,004), Aplikasi (0,015) dan Evaluasi (0,000) artinya terdapat peranan ICS terhadap pengetahuan petani kopi Binaan KSU. Rahmat Kinara. Hasil analisis dengan korelasi reank Spearman nilai Sig lebih besar  dari α 5 % yaitu 0.05  Memahami (0,153), analisis (0,197) dan sintesis (0,951) artinya tidak terdapat peranan ICS terhadap pengetahuan petani kopi Binaan Rahmat Kinara.
5.2.       Saran
1.      Disarankan kepada petani agar mengikuti arahan ICS sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam budidaya kopi.
2.      Disarankan kepada ICS agar meningkatkan kinerja sehingga bebih bayka waktu petani untuk berdiskuksi dan pengetahuan petani bisa meningkat.
 

DAFTAR PUSTAKA

Prawiranegara,A.S.,Kebijakan Operasional Pembinaan Dan Pengembangan                                                               Pengusahaan Kecil Industri Pangan (bogor fatela ipb,1994).

Dr.Ir.sumardjo,MS.jaka sulaksana,SP.Msi.dan Ir.wahyu Aris darmono (2004)Teori Dan Praktik Kemitraan Agribisnis,PT.Penerbar Swadaya,Jakarta.

Dr.Nina nurani,S.H.,M.Si (2006) Daya saing Agribisnis,PT.Nuansa,Bandung
Hak Cipta © 2011 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku
http://budidaya-desa.blogspot.co.id/2014/08/cara-budidaya-tanaman-alpukat-lengkap.html,
wibawa,A.dan A.M.nur (1996).Tehnik Konservasi Lahan Pertanian Menuju Pertaniaan Lestari.Aplikasi Paket Teknologi Pertaniaan Takengon.10-11 Desember 1996
http://ksupointer.com/pembangunan-koperasi-di-indonesia diakses pada tanggal 14 Oktober 2011

Cholid Narbuko, dan H. Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta, 2004

Sumadi Suryabrata, BA., Drs., MA., Ed.S., Ph.D., Metodologi Penelitian,   
                   Grafindo,Jakarta,2003

 

 

Comments

Popular posts from this blog

pemanenan hijauan pakan ternak

Lirik Lagu Nasrul Arifin (UWES)

ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) USAHATANI KENTANG (Solanum tuberosum L.) DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH