Wisata Gayo di Linge


         Daerah linge yang dikenal dengan daerah paling luas wilayah daerahnya di Kabupaten aceh tangah, mempunyai banyak legenda sejarah terutama sejarah terbesar suku gayo, seperti kerajaan reje linge dengan sebutan " Asal Linge Awal Serule"  merupakan daerah asal suku gayo.
       Daerah linge kabupaten aceh tengah ini mempunyai destinasi wisata yang asri selain banyak tempat wisata melegenda juga ke indahan alam, tanaman pohon pinus menjadi daya tarik para pengunjung.

Keistimewaan di sisi lain bagi suku gayo adalah daerah linge yang terletak di buntul linge desa linge salah satu tempat pemakaman reje linge  dan fosil-fosil peninggalan reje linge dapat dilihat langsung bagi para pengunjung, penulis maupun dari kalangan penelitian
Daerah yang di penuhi pohon pinus ini ternyata banyak terdapat sungai-sungai untuk tempat bersantai, mandi serta keindahan lain bersama keluarga.

Semenjak adanya perbaikan jalan mulai dari desa kebayakan menuju kampung owaq  berwisata di daerah Kecamatan linge serta keliling menuju isaq, pegasing menjadi pilihan para wisatawan,  hal ini karena daerah linge banyak tempat yang melenggenda seperti,  loyang datu,  atu belah,  makam reje linge, serta legenda bersejarah lainnya.
Simpang simpil menjadi sebutan masyarakat linge kini banyak pedagang menjalankan bisnisnya di tempat ini, menyiapkan makanan, tepat serta minuman bagi pengendara dan pengunjung, tempat ini juga sering di jadikan tempat pangkalan,  buka bersama,  serta melepaskan kepenatan oleh pemuda masyarakat wilayah linge.

Bagi yang masih penasaran tentang wisata linge mari kunjungi serta nikmatilah keindahannya,  ajak sahabat serta keluarga mandi serta lompat dari pekarangan menuju kesejukan air yang sipenuhi ikan segar di dalam genangan.



Nikmati dan jagalah keasrian alamnya karena alam milik kita,  tentunya kita harus menjaga keindahannya, jangan biarkan sampah serta perusakan hutan mengambil keindahannya. Selamat bersiwata.

Comments

Popular posts from this blog

pemanenan hijauan pakan ternak

Lirik Lagu Nasrul Arifin (UWES)

ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) USAHATANI KENTANG (Solanum tuberosum L.) DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH